Sabtu, 20 Maret 2010

WASPADA BANJIR (UNTUK PENGENDARA MOTOR NON MATIC)

Musim hujan sudah tiba, hujan identik dengan jalanan yang becek bahkan ada juga jalanan yang terendam banjir di daerah tertentu. Seperti kata pepatah, “Sedia peyung sebelum hujan”, oleh karena itu kita juga harus siap untuk menerjang banjri, dan yang perlu disiapkan yaitu :

1.Jas Hujan. Ada 2 jenis jas hujan, jenis ponco yang bisa untuk berboncengan dan ada juga yang jenis baju & celana, terserah anda lebih suka & nyaman menggunakan jenis yang mana.
2.Busi Cadangan. Bila banjir sampai merendam mesin, ada baiknya langsung segera ganti businya. Untuk berjaga – jaga jika cop busi tidak mampu melindungi msuknya air.
3.Cop & Kabel Busi. Ada baiknya juga disiapkan, karena berbahan karet cop kabel busi jadi mudah haus bila sering dikejutkan suhnya. Dari kena panas tiba – tiba mesin terendam banjir yang langsung menurunkan suhu menjadi dingin yang membuat karetnya getas.
4.Oli Cadangan. Mungkin aneh & tidak biasa membawa oli cadangan kemana – mana, taoi musim hujan & banjir seperti sekarang, mesin jadi ikut menyelam. Sebaiknya setelah menyelam oli juga segera diganti, itu karena oli tercampur dengan air yang bisa menyebabkan kerusakan mesin yang akan membuat kita menguras kocek lebih besar untuk memperbaikinya. Oli cadangan bisa diletakkan di box motor, atau yang lebih simpel langsung saja beli di bengkel terdekat.
5.Perkakas Wajib Motor. Jangan sampai mengendarai motor tidak memiliki perkakas wajib motor ini, setiap motor sudah dibekali langsung dari pabrik masing – masing yang isinya obeng +, obeng -, tang, dan kunci – kunci lainnya. Jangan sampai lupa membawa perkakas wajib ini, karena jika ada msasalah terjadi di jalan setelah anda menerjang banjir anda bisa memperbaikinya sendiri.
6.Bohlam Lampu cadangan. Karena setiap motor di ajak menerjang banjir, ada satu hal yang tidak kita inginkan, yaitu konslet.

Walaupun saya memberikan informasi ini, saya lebih menganjurkan anda untuk tidak memaksakan diri untuk tetap menerjang genangan banjir, jika ada jalan alternatif lain sebaiknya anda gunakan jalan alternatif tersebut walaupun jaraknya mungkin lebih jauh, namum apabila sudah tidak tersedia jalan alternatif, jika ada jasa orang yang menyediakan jasa mengangkut motor anda bisa anda gunakan, karena lebih baik keluar uang untuk membayar jasa orang yang mengangkut motor anda daripada harus memperbaiki kerusakan motor akibat anda yang bisa menguras kantong anda lebih dalam.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

0 komentar:

Posting Komentar