Sabtu, 20 Maret 2010

WASPADA BANJIR (UNTUK PENGENDARA MOTOR MATIC)

Pengendara motor matic saat ini sangat banyak, walaupun awalnya motor matic ini pada awal diluncurkan untuk kaum hawa namun banyak juga kaum adam yang menyukainya. Musim hujan sudah tiba, motor matic sangat rentan mogok jika dipaksakan melewati genangan banjir, namun bagi anda para pengendara motor matic dapat menyiasatinya dengan mempersiapkan :

1.Yang paling utama dan sangat penting yaitu pelindung tubuh saat hujan, yaitu jas hujan. Ada 2 jenis yang beredar dipasaran, jenis baju & celana dan jenis ponco, ada pula pelindung sepatu untuk anda para pegawai kantoran maupun para mahasiswa & pelajar.
2.Lumasi sistem pengereman. Rem belakang motor matic yang menggunakan tromol rawan kemasukan air. Sebaiknya jika setelah anda menerjang genangan banjir, lepas roda belakang lalu bersihkan kampas rem lalu berikan pelumas untuk selang remnya, biasanya jika tidak dibongkar rem tidak mampu bekerja secara maksimal dan pastinya akan sangat berbahaya bagi keselamatan anda.
3.Ganti oli mesin. Oli mesin wajib langsung diganti, karena sistem pelumasan motor matic yang berbasis 4 takbekerja dengan oli melumasi piston, ruang kerja pembakaran hingga sistem penggerak (CVT). Jadi gawat jika setelah menerjang banjir mesin langsung dihidupkan, bisa – bisa mesin susah untuk dihidupkan.
4.Ganti busi dan tutup busi. Komponen yang satu ini memeang sangat riskan terhadap bahaya banjir, hal ini karena mesin motor matic yang tepat berada di belekang backbone dengan jarak ke tanah rata – rata 130mm, tutup busi jadi rawan terjangan banjir. Cara mengamankannya yaitu lilit saja dengan isolasi di bagian sambungan dengan cop busi atau bisa memakai lem gasket supaya air tidak langsung masuk.
5.Roller CVT. Roller dan CVT adalah salah satu komponen utama motor matic, walaupun covernya terbuat dari bahan apapun dan serapat mungkin namun apabila air melebihi 75cm bisa dipastikan CVT langsung terendam air. Usahakan CVT itu langsung dibongkar, hindari menghidupkan mesinsetelah terendam banjir karena selain untuk menghindari CVT mudah haus, bahaya lumpur dari air banjir juga dapat dihilangkan secara maksimal.
6.Sistem pendingin. Untuk motor matic yang memakai pendingin kipas jika sudah terlanjur kena banjir tidak perlu panik & bingung. Buka tutup kipas lalu lepas kipas untuk membersihkan kotoran air yang bercampur lumpur masuk. Untuk motor yang memakai pendingin radiator, lebih aman jika air radiator dikuras habislalu diganti dengan air yang baru, gunanya untuk meminimalisasi ”air liar” yang masuk di radiaotr sehingga menyumbat sirkulasinya.
7.Karbu & filter udara. Ground clearence yang pendek membuat filter udara motor matic sangat rawan tertembus air. Jika terlanjur terendam banjir segera bongkar filter untuk membersihkan busa yang berfungsi sebagai penyaring udara kotor yang masuk ke ruang baker. Selain itu karbu juga perlu dibongkar agar sisa air dan lumpur tidak menyumbat dalam bagian main jet & pilot jet.

Walaupun saya memberikan informasi ini, saya lebih menganjurkan anda untuk tidak memaksakan diri untuk tetap menerjang genangan banjir, jika ada jalan alternatif lain sebaiknya anda gunakan jalan alternatif tersebut walaupun jaraknya mungkin lebih jauh, namum apabila sudah tidak tersedia jalan alternatif, jika ada jasa orang yang menyediakan jasa mengangkut motor anda bisa anda gunakan, karena lebih baik keluar uang untuk membayar jasa orang yang mengangkut motor anda daripada harus memperbaiki kerusakan motor akibat anda yang bisa menguras kantong anda lebih dalam.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

0 komentar:

Posting Komentar