Senin, 01 Maret 2010

CARA MERAWAT MOTOR YANG BAIK DAN BENAR

Motor merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari – hari kita, karena motor sudah merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari kita. Maka dari itu kita harus bisa merawat motor dengan baik & benar agar tampilan motor kita tetap fresh. Caranya yaitu, check it out :

BODI
Jarang ada produk untuk merawat bodi yang all in one fungsinya, masing – masing ada spesifikasi sendiri. Untuk menghilangkan debu & kotoran cuci dengan menggunakan shampo khusus motor. Untuk debu yang sudah mengeras dan goresan ringan poles menggunakan kompon khusus. Untuk mengkilapkan gunakan cleaner wax, dan untuk membuat efek wet look poles dengan menggunakan cairan pelindung yang sangat banyak dijual di pasaran. Untuk bagian bodi yang terbuat dari plastik ember dan tak dicat kerap ditempeli debu bandel, semprotkan vinyl protection dan poles dengan menggunakan kain bersih, dijamin panel bodi jadi bersih & mengkilap.

MESIN
Kalau hanya sekedar dicuci saja, kotoran & debu tidak akan pergi, sebaiknya semprot dengan menggunakan engine degreaser, pasti pergi kotoran & debu yang menempel di mesin. Tapi perlu diingat, jangan dilakukan pada saat mesin sedang panas, karena dapat mengakibatkan kelir mesin cepat pudar & kusam.

VELG
Untuk tampilan velg aluminium agar tetap besih, semprot dengan menggunakan wheel cleaner untuk mengusir kotoran & debu dari kampas rem. Namun jika sudah terlanjur ada noda – noda buram bekas hujan, oli, dan air, bisa melakukan trik ini. Triknya adalah dengan cara mencampurkan 1 wadah kecil kompon kuning, 200 cc minyak tanah, 2 sendok makan detergen, ditambah 0.5 liter. Kemudian aduk hingga rata atau bisa juga dikocok dalam botol. Lalu setelah itu bersihkan dengan menyikat memakai sikat yang halus supaya velg tidak tergores, stelah itu bilas velg dengan air bersih, dijamin langsung silau lagi velg kita.
BAN
Semakin hitam dan akan terlihat tetap bagus, caranya yaitu sikat ban dengan menggunakan shampo motor, tapi jika ingin hasil yang lebih maksimal gosok dengan tyre cleaner ”semir ban”.

REM
Piringan, kaliper, dan tromol paling suka ditempelin kotoran & debu dari kampas rem. Untuk mengusirnya gunakan brake & parts cleaner.

RANTAI
Rantai merupakan bagian yang paling sensitif dan paling suka ditempeli oleh kotoran & debu. Air, kotran & debu, dan karat jadi penyakit rutin rantai dan sproket. Obatnya yaitu harus rajin semprot dengan menggunakan chain lube / chain cleaner tiap satu bulan sekali, atau setiap habis mencuci motor. Membersihkan kotoran & debu di rantai juga perlu dilakukan sebulan sekali, caranya yaitu cuci saja dengan sikat gigi bekas dan minyak gas.

POROS LENGAN AYUN
Pernah dengan suara seperti tikus kejepit dimotor, suara itu bersumber dari poros lengan ayun atau roda kering akibat karat. Cara mengusirnya yaitu semprot saja dengan menggunakan grease spray.

CHROME
Trend modifikasi motor sejak dulu sampai saat ini tidak bisa dipisahkan oleh chrom, baik chrome plastik maupun chrome logam wajib dilakukan perawatan yang rutin, apalgi saat musin hujan tiba. Jika tidak bisa merawat chrome dengan baik & benar, chrome tidak akan bersinar kinclong, bahkan bisa menguning. Cara perawatannya yaitu ada yang menggunakan cream batu hijau atau dapat menggunakan chrome cleaner.


Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

0 komentar:

Posting Komentar