Senin, 15 Maret 2010

TIPS MEMILIH ANTI VIRUS YANG TEPAT

Antivirus sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para pengguna komputer. Tanpa software yang satu ini, komputer anda dipastikan tidak aman karena sering diganggu oleh virus. Namun tidak semua anti virus yang ditawarkan di pasaran saat ini memberikan keamanan maksimal bagi komputer anda. Maka dari itu anda harus selektif dalam memilih anti virus, jangan asal – asalan. Berikut ini saya berikan tips memilih anti virus yang tepat untuk komputer anda :

1. Mudah Penggunannya. Software anti virus yang baik harus mudah digunakan, tanpa memandang kemahiran dan pengetahuan kita.
2. Efektif Ketika Mengidentifikasi Virus Dan Semacamnya. Produk anti virus yang baik dapat mengenali data – data yang terinfeksi dengan cepat melalui pemindaian secara real time, mencari dan menemukan virus pada banyak tempat, termasuk email, aplikasi pesan instant, web browsing, dan sebagainya.
3. Efektif Ketika Membersihkan Dan Mengisolasi File – File Yang Terinfeksi. Software anti virus yang terpercaya mampu membersihkan dengan sempurna, menghapus atau mengkarantina file –file yang terinfeksi kemudian menghentikan penyebaran virus dalam harddisk atau melalui jaringan.
4. Laporan Aktivitas. Anti virus yang baik segera memrikan notifikasi dari virus – virus yang ditemukan melalui scanning real time dan menyediakan hasil scanning yang mudah dibaca beserta data virus dan kerusakan yang ditimbulkannya.
5. Fitur. Adanya fitur – fitur tambahan (plugin) menjadikan sebuah anti virus semakin ampuh dalam memberikan perlindungan. Anti virus yang tangguh selalu menawarkan bermacam tools, mulai dari pemindaian real time biasa hingga yang lebih canggih, pemindaian heuristik dan pemblokiran script, anti virus semakin baik jika pilihan opsi fungsi toolsnya lebih banyak.
6. Instalasi Dan Setup Yang Mudah. Anti virus seharusnya mudah untuk di instal dan digunakan hanya dengan beberapa kali klik saja.
7. Dokumentasi Help / bantuan. Anti virus termutakhir biasanya banyak help-nya, mencakup dukungan via email, chat online atau melalui telepon. Dan juga mestinya ada dokumen – dokumen online, seperti pengetahuan dasar dan FAQ atau daftar pertanyaan – pertanyaan umum seputar software anti virus tersebut.

Di pasaran sangat banyak software anti virus, seperti Avira, AVG, dan masih banyak lagi yang lainnya dan termasuk anti virus buatan anak negeri yaitu Smadav.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

0 komentar:

Posting Komentar