Minggu, 28 Maret 2010

CARA MELEPASKAN FLASH DISK YANG BAIK & BENAR

Kalau dulu biasanya anda menyimpan data – data yang anda miliki di disket, tapi sejak tahun 2002 disket sudah mulai tidak dipakai lagi, karena sudah ada penggantinya yang lebih canggih yaitu flash disk. Selain mudah dibawa, walaupun bentuknya kecil tapi kemampuan untuk menyimpan data – data yang anda miliki lebih besar & lebih banyak dari disket. Saat ini keberadaan flash disk sudah tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari – hari, walaupun ada yang tidak mempunyai komputer pribadi tapi hampir setiap orang mempunyai flash disk untuk menyimpan data – data yang dimilikinya. Cara melepas flash disk ini juga tidak seperti disket yang bisa anda lepas pasang sesuka hati anda, jika anda seperti itu bisa berakibat flash disk anda rusak atau data – data yang ada di dalam flash disk anda corrupted (tidak bisa dibuka) atau bahkan hilang begitu saja. Cara melepas flash disk yang aman yaitu klik kanan di drive flash disk anda kemudian klik eject, atau bisa juga menggunakan ”SAFELY REMOVE HARDWARE” yang ada di bagian kiri bawah layar komputer nada dengan icon flash disk dan ada tanda check listnya.

Dalam penggunaan falsh disk pasti anda sering kesal ketika anda ingin melepas flash disk anda secara aman tapi tidak bisa dilepas secara aman, padahal anda ingin melepas flash disk anda secara aman untuk menhindari akibat yang saya sebutkan diatas. Jika situasi ini anda hadapi, jangan sampai anda melepas flash disk anda begitu saja, berikut saya berikan tipsnya saat anda menghadapi situasi tersebut :

1. Manfaatkan ”TASK MANAGER”. Seringkali ketika akan dilepas dari komputer, terdapat pernyataan flash disk tidak aman untuk dilepas. Jika anda sudah menutup semua program dan flash disk tetap tidak mau dilepaskan, cobalah untuk menggunakan aplikasi ”TASK MANAGER”. Caranya yaitu tekan ”CTRL + ALT + DELETE” secara bersamaan untuk memunulkan ”TASK MANAGER”. Kemudian klik ”PROCESSES”, setelah itu periksalah detail proses – proses komputasi yang sedang terjadi disini, jika terdapat proses yang kira – kira berasal dari flash disk, klik proses tersebut kemudian klik ”END PROCESS”. Kemudian coba kembali melepaskan flash disk anda.
2. Alternatif Lain. Jika cara diatas falsh disk tetap dinyatakan tidak aman dilepas, ada 2 pilihan yang bisa anda gunakan yaitu :
 Matikan komputer anda kemudian lepas flash disk tersebut.
 Atau jika anda nekat untuk mengambil resiko dengan langsung mecabut flash disk anda. Tapi langkah ini dinilai tidak menimbulkan masalah jika flash disk dilepas saat seluruh program sudah diclose. Tapi tidak ada jaminan falsh disk anda aman dengan menggunakan cara ini
3. Gunakan Software ”USB SAFELY REMOVE”. Anda juga bisa mencoba versi trial software “USB SAFELY REMOVE”. Software ini gunanya untuk menganalisis penyebab flash disk tidak mau dilepas, kemudian memberikan solusinya. Namun jika anda ingin menggunakan software ini secara permanent, anda harus membayar sejumlah uang.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

1 komentar:

From Ziro to HEro mengatakan...

gan gwe mau tanya .....
misal nya FD kadang kebaca kadang juga engga
gimana yah ngatasin ya.........

and misal nya flash disk kebaca tapi ga bisa baca transfer data gimana ???

mohon info nya.... thanks gan......

Posting Komentar