Senin, 15 Maret 2010

TIPS MEMBERANTAS VIRUS KOMPUTER

Virus kmputer tentunya bukan sesuatu yang asing lagi bagi anda yang sehari – hari menggunakan komputer. Sebagai program yang diciptakan denga tujuan tertentu, virus komputer ada yang bersifat merusak dan ada pula yang mengganggu. Virus perusak biasanya merusak file – file yang penting untuk runningnya sistem operasi. Sedangkan virus pengganggu bekerja dengan mengandalkan file – file yang ada dalam sistem komputer sehingga kapasitas space yang tersedia dalam harddisk anda semakin kecil.

Untuk anda yang memiliki program anti virus yang up to date, keberadaan virus ini tidaklah menjadi soal, karena anti virus itu akan mencegah berkembang biaknya virus dalam sistem komputer. Tetapi bagaimana dengan anda yang tidak dilengkapi anti virus yang up to date?
Berikut ini saya berikan tips ringan untuk mengatasi serangan virus:

1. Apabila anti virus anda sudah expired atau tidak ada anti virusnya, cobalah untuk menginstal anti virus atau meng-update anti virus anda.
2. Bila anti virus tersebut mencegah instalasi program anti virus atau proses update program anti virus, anda jangan buru – buru untuk memformat komputer anda. Cobalah men-scan komputer anda dengan menggunakan komputer lain yang program anti virusnya up to date.
3. Jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah untuk me-restart komputer anda dan masuklah ke safe mode, lalu jalankan software anti virus yang dapat beroperasi di safe mode sistem operasi windows.
4. Namun apabila cara diatas tidak ada yang berhasil untuk mengatasi serangan virus pada komputer anda, maka anda bisa gunakan cara terakhir yaitu memformat ulang komputer anda.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

0 komentar:

Posting Komentar