Jumat, 02 April 2010

BIOGRAFI MBAH SURIP


Apakah anda kenal dengan Urip Ariyanto? Saya yakin anda hanya beberapa saja yang mengenalnya, tapi jika saya tanya kenalkah anda dengan Mbah Surip? Pasti anda semua mengenalnya, siapa yang tidak kenal dengan Mbah Surip alias Bob Marley-nya Indonesia, dari anak kecil sampai orang tua semua mengenalnya. Mbah Surip dilahirkan di Mojokerto, 5 Mei 1949 dengan nama asli Urip Ariyanto, Mbah Surip adalah duda dengan empat orang anak sekaligus kakek dari empat cucu. Sebelum menjadi seniman, Mbah Surip menjalani berbagai macam profesi. Mulai pekerjaan di bidang pengeboran minyak, tambang berlian, dan masih banyak lagi. Bahkan lelaki gimbal ini memiliki gelar Drs, Insinyur dan MBA ini pernah mengadu nasib di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California.

Dalam perjalanan bermusiknya, ia telah mengeluarkan beberapa album yang dimulainya sejak 1997. Beberapa albumnya antara lain, IJO ROYO-ROYO (1997), INDONESIA I (1998), REFORMASI (1998), TAK GENDONG (2003) dan BARANG BARU (2004).

Pada tahun 2009 Mbah Surip pun menjadi pendatang baru yang selalu menghiasi berbagai acara musik di televisi, dalam sehari ia bisa menerima lebih dari 5 acara. Ketika di wawancarai di acara infotainment, apakah mbah tidak lelah mengisi lebih dari 5 acara dalam sehari dan ia pun menjawab dengan santai, ”Mbah tidak lelah, mbah sih enjoy aja, yang penting yang melihat mbah semuanya terhibur, hahahahaha.” Lalu bagaimana cara mbah menjaga stamina agar tidak lelah, Mbah Surip pun menjawab ”Mbah ga usah minum vitamin, mbah cukup minum kopi saja, hahahahaha.”

Tawa khas pria yang sangat ramah ini hingga kini dan sampai kapan pun akan selalu di ingat oleh masyarakat Indonesia, dan kata – kata yang selalu keluar dari mulutnya yaitu I LOVE YOU FULL selamanya akan dikenang.
Namun bagaikan disambar petir di siang bolong, pada hari selasa tanggal 4 Agustus 2009 Indonesia menerima berita duka cita dari penyanyi gimbal ini, sekitar pukul 10.00 WIB Mbah Surip menghembuskan nafas terakhirnya, setelah sebelumnya sempat dilarikan ke RS Pusdikkes, Jakarta Timur.

Sebelumnya ia sempat menginap di rumah pelawak Mamiek Prakoso, dan ia pun mengeluh sedang kelelahan, namun walaupun ia lelah tetap ceria, dan pada pagi harinya sebelum ia pergi meninggalkan dunia untuk selamanya ia sempat sarapan bubur bersama du rumah Mamiek Prakoso.
Begitu cepat kau datang dan menghibur kami, dan begitu cepat juga kau meninggalkan kami. Selamat jalan Mbah Surip, namamu tak akan pernah terganti di hati para pecinta Reggae Indonesia. Dunia punya Michael Jackson sebagai The King Of Pop, Jamaika punya Bob Marley sebagai The King Of Reggae, tapi Indonesia juga punya The King Of Reggae yaitu Urip Ariyanto alias Mbah Surip.
I LOVE YOU FULL MBAH SURIP.

0 komentar:

Posting Komentar