Senin, 24 Mei 2010

TRIK MERAWAT HELM

Helm adalah bagian yang paling vital bagi pengendara motor, helm bukan hanya sebatas untuk menghindari urusan dengan polisi, tapi juga sangat berguna untuk melindungi kepala dari hal yang tidak diinginkan. Setiap hari beraktivitas selalu menggunakan helm saat berkendara, setelah dipakai secara terus menerus pastinya helm akan dibasahi oleh keringat anda, jika tidak dirawat dengan benar maka helm pun akan menimbulkan bau tidak sedap. Saya mempunyai trik agar helm anda tidak mengalami hal seperti itu.

1. JEMUR HELM. Jemur helm dibawah sinar matahari ketika tidak anda gunakan, taruh helm dalam posisi terbalik menghadap sinar matahari dengan kaca terbuka dan seluruh ventilasinya. Dengan cara ini butiran keringat akan cepat menguap, selain itu sinar matahari akan menetralisir bau keringat.
2. BUKA KACA & VENTILASI. Selalu buka kaca helm dan ventilasi ketika helm sedang tidak anda gunakan, hal ini untuk memperlancar sirkulasi udara dalam helm. Jika helm dibiarkan dalam keadaan selalu tertutup, udara dengan bau tidak sedap hasil dari butiran yang terperangkap dalam helm dan hawa panas dalam helm yang tidak tersorot sinar matahari akan mengendap di lapisan busa helm. Akibatnya akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan bisa juga ditumbuhi oleh jamur.
3. SIMPAN HELM DI TEMPAT YANG TEPAT. Jangan pernah menyimpan helm di tempat yang lembab, karena bisa menimbulkan bau dan jamur. Tempat yang tepat untuk menyimpan helm yaitu di suhu kamar yang terbebas dari debu dan terlindng dari pancaran sinar matahari secara langsung. Bila perlu simpan di ruangan yang dilengkapi oleh lampu penghangat untuk menjaga kekeringan ruangan.
4. TAMBAHKAN PEWANGI. Untuk memberikan aroma khas dalam hel kesayangan anda, bisa anda berikan pewangi untuk bagian dalam helm. Paling efektif menggunakan kapur barus, tapi jika tidak suka dengan aromanya bisa anda gunakan pewangi lain yang anda sukai aromanya, gunakan pewangi yang memiliki kadar alkohol rendah agar saat berinteraksi dengan lapisan busa tidak terjadi pengkerutan busa. Selain itu jangan telalu banyak memberikan pewangi, jika telalu banyak pewangi dapat mengenai kaca helm yang nantinya dapat mempermudah timbulnya jamur, jadi secepat mungkin bersihkan kaca helm jika terkena pewangi.
5. LAUNDRY HELM. Saat ini juga sudah banyak yang menawarkan jasa laundry helm dengan harga yang bervariasi antara 8rb – 28rb. Dapat anda jadikan alternatif lain jika anda tidak memiliki waktu untuk merawat helm, hanya dengan beberapa jam helm anda pun akan tampak seperti baru kembali.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

0 komentar:

Posting Komentar