Minggu, 28 Maret 2010

CARA MELEPASKAN FLASH DISK YANG BAIK & BENAR

Kalau dulu biasanya anda menyimpan data – data yang anda miliki di disket, tapi sejak tahun 2002 disket sudah mulai tidak dipakai lagi, karena sudah ada penggantinya yang lebih canggih yaitu flash disk. Selain mudah dibawa, walaupun bentuknya kecil tapi kemampuan untuk menyimpan data – data yang anda miliki lebih besar & lebih banyak dari disket. Saat ini keberadaan flash disk sudah tidak bisa dipisahkan dari kegiatan sehari – hari, walaupun ada yang tidak mempunyai komputer pribadi tapi hampir setiap orang mempunyai flash disk untuk menyimpan data – data yang dimilikinya. Cara melepas flash disk ini juga tidak seperti disket yang bisa anda lepas pasang sesuka hati anda, jika anda seperti itu bisa berakibat flash disk anda rusak atau data – data yang ada di dalam flash disk anda corrupted (tidak bisa dibuka) atau bahkan hilang begitu saja. Cara melepas flash disk yang aman yaitu klik kanan di drive flash disk anda kemudian klik eject, atau bisa juga menggunakan ”SAFELY REMOVE HARDWARE” yang ada di bagian kiri bawah layar komputer nada dengan icon flash disk dan ada tanda check listnya.

Dalam penggunaan falsh disk pasti anda sering kesal ketika anda ingin melepas flash disk anda secara aman tapi tidak bisa dilepas secara aman, padahal anda ingin melepas flash disk anda secara aman untuk menhindari akibat yang saya sebutkan diatas. Jika situasi ini anda hadapi, jangan sampai anda melepas flash disk anda begitu saja, berikut saya berikan tipsnya saat anda menghadapi situasi tersebut :

1. Manfaatkan ”TASK MANAGER”. Seringkali ketika akan dilepas dari komputer, terdapat pernyataan flash disk tidak aman untuk dilepas. Jika anda sudah menutup semua program dan flash disk tetap tidak mau dilepaskan, cobalah untuk menggunakan aplikasi ”TASK MANAGER”. Caranya yaitu tekan ”CTRL + ALT + DELETE” secara bersamaan untuk memunulkan ”TASK MANAGER”. Kemudian klik ”PROCESSES”, setelah itu periksalah detail proses – proses komputasi yang sedang terjadi disini, jika terdapat proses yang kira – kira berasal dari flash disk, klik proses tersebut kemudian klik ”END PROCESS”. Kemudian coba kembali melepaskan flash disk anda.
2. Alternatif Lain. Jika cara diatas falsh disk tetap dinyatakan tidak aman dilepas, ada 2 pilihan yang bisa anda gunakan yaitu :
 Matikan komputer anda kemudian lepas flash disk tersebut.
 Atau jika anda nekat untuk mengambil resiko dengan langsung mecabut flash disk anda. Tapi langkah ini dinilai tidak menimbulkan masalah jika flash disk dilepas saat seluruh program sudah diclose. Tapi tidak ada jaminan falsh disk anda aman dengan menggunakan cara ini
3. Gunakan Software ”USB SAFELY REMOVE”. Anda juga bisa mencoba versi trial software “USB SAFELY REMOVE”. Software ini gunanya untuk menganalisis penyebab flash disk tidak mau dilepas, kemudian memberikan solusinya. Namun jika anda ingin menggunakan software ini secara permanent, anda harus membayar sejumlah uang.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

Senin, 22 Maret 2010

CARA MENGOSONGKAN DAFTAR DOKUMEN PADA "MY RECENT DOCUMENT"

Untuk mengosongkan daftar dokumen dalam folder My Recent Document di Start Menu, caranya yaitu sebagai berikut :

1. Klik kanan di ”Start”, kemudian anda pilih ”Properties”.
2. Klik ”Customize”, dan buka tab ”Advanced”, kemudian klik tombol “Clear List”.
3. Jika anda menginginkan My Recent Document di Start Menu anda tetap kosong dan tidak ada yang muncul lagi di My Recent Document caranya anda hilangkan tanda check list di “List My Most Recently Opened Documents”.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

Sabtu, 20 Maret 2010

WASPADA BANJIR (UNTUK PENGENDARA MOTOR NON MATIC)

Musim hujan sudah tiba, hujan identik dengan jalanan yang becek bahkan ada juga jalanan yang terendam banjir di daerah tertentu. Seperti kata pepatah, “Sedia peyung sebelum hujan”, oleh karena itu kita juga harus siap untuk menerjang banjri, dan yang perlu disiapkan yaitu :

1.Jas Hujan. Ada 2 jenis jas hujan, jenis ponco yang bisa untuk berboncengan dan ada juga yang jenis baju & celana, terserah anda lebih suka & nyaman menggunakan jenis yang mana.
2.Busi Cadangan. Bila banjir sampai merendam mesin, ada baiknya langsung segera ganti businya. Untuk berjaga – jaga jika cop busi tidak mampu melindungi msuknya air.
3.Cop & Kabel Busi. Ada baiknya juga disiapkan, karena berbahan karet cop kabel busi jadi mudah haus bila sering dikejutkan suhnya. Dari kena panas tiba – tiba mesin terendam banjir yang langsung menurunkan suhu menjadi dingin yang membuat karetnya getas.
4.Oli Cadangan. Mungkin aneh & tidak biasa membawa oli cadangan kemana – mana, taoi musim hujan & banjir seperti sekarang, mesin jadi ikut menyelam. Sebaiknya setelah menyelam oli juga segera diganti, itu karena oli tercampur dengan air yang bisa menyebabkan kerusakan mesin yang akan membuat kita menguras kocek lebih besar untuk memperbaikinya. Oli cadangan bisa diletakkan di box motor, atau yang lebih simpel langsung saja beli di bengkel terdekat.
5.Perkakas Wajib Motor. Jangan sampai mengendarai motor tidak memiliki perkakas wajib motor ini, setiap motor sudah dibekali langsung dari pabrik masing – masing yang isinya obeng +, obeng -, tang, dan kunci – kunci lainnya. Jangan sampai lupa membawa perkakas wajib ini, karena jika ada msasalah terjadi di jalan setelah anda menerjang banjir anda bisa memperbaikinya sendiri.
6.Bohlam Lampu cadangan. Karena setiap motor di ajak menerjang banjir, ada satu hal yang tidak kita inginkan, yaitu konslet.

Walaupun saya memberikan informasi ini, saya lebih menganjurkan anda untuk tidak memaksakan diri untuk tetap menerjang genangan banjir, jika ada jalan alternatif lain sebaiknya anda gunakan jalan alternatif tersebut walaupun jaraknya mungkin lebih jauh, namum apabila sudah tidak tersedia jalan alternatif, jika ada jasa orang yang menyediakan jasa mengangkut motor anda bisa anda gunakan, karena lebih baik keluar uang untuk membayar jasa orang yang mengangkut motor anda daripada harus memperbaiki kerusakan motor akibat anda yang bisa menguras kantong anda lebih dalam.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

WASPADA BANJIR (UNTUK PENGENDARA MOTOR MATIC)

Pengendara motor matic saat ini sangat banyak, walaupun awalnya motor matic ini pada awal diluncurkan untuk kaum hawa namun banyak juga kaum adam yang menyukainya. Musim hujan sudah tiba, motor matic sangat rentan mogok jika dipaksakan melewati genangan banjir, namun bagi anda para pengendara motor matic dapat menyiasatinya dengan mempersiapkan :

1.Yang paling utama dan sangat penting yaitu pelindung tubuh saat hujan, yaitu jas hujan. Ada 2 jenis yang beredar dipasaran, jenis baju & celana dan jenis ponco, ada pula pelindung sepatu untuk anda para pegawai kantoran maupun para mahasiswa & pelajar.
2.Lumasi sistem pengereman. Rem belakang motor matic yang menggunakan tromol rawan kemasukan air. Sebaiknya jika setelah anda menerjang genangan banjir, lepas roda belakang lalu bersihkan kampas rem lalu berikan pelumas untuk selang remnya, biasanya jika tidak dibongkar rem tidak mampu bekerja secara maksimal dan pastinya akan sangat berbahaya bagi keselamatan anda.
3.Ganti oli mesin. Oli mesin wajib langsung diganti, karena sistem pelumasan motor matic yang berbasis 4 takbekerja dengan oli melumasi piston, ruang kerja pembakaran hingga sistem penggerak (CVT). Jadi gawat jika setelah menerjang banjir mesin langsung dihidupkan, bisa – bisa mesin susah untuk dihidupkan.
4.Ganti busi dan tutup busi. Komponen yang satu ini memeang sangat riskan terhadap bahaya banjir, hal ini karena mesin motor matic yang tepat berada di belekang backbone dengan jarak ke tanah rata – rata 130mm, tutup busi jadi rawan terjangan banjir. Cara mengamankannya yaitu lilit saja dengan isolasi di bagian sambungan dengan cop busi atau bisa memakai lem gasket supaya air tidak langsung masuk.
5.Roller CVT. Roller dan CVT adalah salah satu komponen utama motor matic, walaupun covernya terbuat dari bahan apapun dan serapat mungkin namun apabila air melebihi 75cm bisa dipastikan CVT langsung terendam air. Usahakan CVT itu langsung dibongkar, hindari menghidupkan mesinsetelah terendam banjir karena selain untuk menghindari CVT mudah haus, bahaya lumpur dari air banjir juga dapat dihilangkan secara maksimal.
6.Sistem pendingin. Untuk motor matic yang memakai pendingin kipas jika sudah terlanjur kena banjir tidak perlu panik & bingung. Buka tutup kipas lalu lepas kipas untuk membersihkan kotoran air yang bercampur lumpur masuk. Untuk motor yang memakai pendingin radiator, lebih aman jika air radiator dikuras habislalu diganti dengan air yang baru, gunanya untuk meminimalisasi ”air liar” yang masuk di radiaotr sehingga menyumbat sirkulasinya.
7.Karbu & filter udara. Ground clearence yang pendek membuat filter udara motor matic sangat rawan tertembus air. Jika terlanjur terendam banjir segera bongkar filter untuk membersihkan busa yang berfungsi sebagai penyaring udara kotor yang masuk ke ruang baker. Selain itu karbu juga perlu dibongkar agar sisa air dan lumpur tidak menyumbat dalam bagian main jet & pilot jet.

Walaupun saya memberikan informasi ini, saya lebih menganjurkan anda untuk tidak memaksakan diri untuk tetap menerjang genangan banjir, jika ada jalan alternatif lain sebaiknya anda gunakan jalan alternatif tersebut walaupun jaraknya mungkin lebih jauh, namum apabila sudah tidak tersedia jalan alternatif, jika ada jasa orang yang menyediakan jasa mengangkut motor anda bisa anda gunakan, karena lebih baik keluar uang untuk membayar jasa orang yang mengangkut motor anda daripada harus memperbaiki kerusakan motor akibat anda yang bisa menguras kantong anda lebih dalam.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

BERBAGAI MACAM STATUS DI FACEBOOK


Ada ribuan macam status di Facebook satt ini, berikut ini merupakan beberapa status di Facebook saat ini.

1. Manusia Super Update
Kapanpun dan di manapun selalu update status. Statusnya tidak terlalu panjang tapi terlihat bikin risih, karena hal-hal yang tidak terlalu penting juga dipublikasikan.
Contoh : "Lagi hang out di cafe nih bareng Cribo Rasta", "On the way go to…hell", "Kenyang bgt, habis makan sama Little Angel", dsb.

2. Manusia Melankolis
Biasanya selalu curhat di status. Entah karena ingin banyak diberi komentar dari teman-temannya atau hanya sekedar menuangkan unek-uneknya ke facebook. Biasanya orang tipe ini menceritakan kisahnya dan terkadang menanyakan solusi yang terbaik kepada yang lain.
Contoh : "Kamu sakitin aku terus...lebih baik aku cari yang lain...masih banyak yang mau sama aku", "Cuma kamu yang terbaik buat aku...terima kasih kamu sudah sayang ama aku selama ini...you’re My Little Angel (080506)", dsb.

3. Manusia Tukang Ngeluh
Pagi, siang, malam, kapan pun & dimanapun, semuanya selalu ada aja yang dikeluhkan.
Contoh : " Jakarta macet terus...SIALAN", "Aaaaarrrrrggggghhhhh hujan lagi...Padahal baru nyuci mobil...", "Dosen gak masuk lagi...Udah rela-ralin masuk pagi juga...Resek bgt dah", dsb.
4. Manusia Sombong
Mungkin beberapa dari mereka ga berniat menyombongkan diri, tapi terkadang orang yang melihatnya, yang notabene tidak bisa seberuntung dia, merasa kalo statusnya itu kelewat sombong, dan malah bikin sebel.
Contoh : "Lagi di Bandara nich...Mau keliling Eropa sama Cribo Rasta & Little Angel", "Alphard ku minta ganti velg ya...Mau velg yang mana Alphard ku sayang...Pilih aja", "Wah...murah-murah banget Shoping di Bangkok", dsb.

5. Manusia Puitis
Dari judulnya sudah jelas. Status nya selalu diisi dengan kata-kata mutiara, tapi ga jelas apa maksudnya. Bikin kita terharu? Bikin kita sadar atas pesan tersembunyinya? atau cuma sekedar memancing komentar? Sampai saat ini, tipe orang seperti ini masih dipertanyakan.
Contoh : "Kita masing-masing adalah malaikat bersayap satu. Dan hanya bisa terbang bila saling berpelukan", "Mencintai dan dicintai adalah seperti merasakan sinar matahari dari kedua sisi", "Jika kau hidup sampai seratus tahun, aku ingin hidup seratus tahun kurang sehari, agar aku tidak pernah hidup tanpamu", dsb.

6. Manusia in English
Tipe manusianya bisa seperti apa saja, apakah melankolis, puitis, sombong dan sebagainya. Tapi dia berusaha lebih keren dengan menulis status In English, biar gimana gitu.
Contoh : "Tie and Chair", "I can tooth…you Pink sun", dsb..

7. Manusia Lebay
Updatenya selalu bertema 'gaul' dengan menggunakan bahasa dewa... ejaan yang dilebaykan.
Contoh.." Gutet moulning oll.. pagiiiehh yg cewrah yua... xixiixi", dsb.
8. Manusia Terobsesi
Mengharap tapi ga pernah kesampaian…pengen jd artis ga dapat-dapat.
Contoh : "Cribo Rasta lagi break syuting nih", ”Little Angel lagi sesi pemotretan di Bali”, dsb.
9. Manusia Sok Tau
Sotoy tenarnya. Padahal dia sendiri tidak tahu apa yang ditulisnya.
Contoh : "Pemerintah selalu memanjakan rakyatnya... bla...bla...bla", dsb.

10. Bioskop Mania
Update film yang abis ditonton dan kasih comment..
Contoh : "2012 Keren bgt, wajib nonton guys", "Suster keramas hot bgt, melek terus ni mata”, dsb.

11. Manusia Pedagang
Tujuannya yaitu untuk membuat dagangannya laris dan laku terjual.
Contoh: "Jual pemutih ketek, cocok untuk kuli dan kenek, hehehe", dsb.

12. Manusia Penyuluh Masyarakat
Contoh: "Jangan lupa dateng ke TPS ya, 5 menit utk 5 tahun.. bla.. bla", dsb.

13. Manusia Alay
Ada berbagai macam versi, dari tulisannya yang aneh, atau tulisannya biasa aja, hanya saja kosakata nya ga lazim seperti bahasa alien.
Contoh:
Alay 1 : "4kU 54Y4n9 b9t s4m5 k4Mu...7aN94N 7in69aL!n 4ku ya B3!bH..!!"
Alay 2 : "kmuw kog gag pernach ngabwarin akiu luagie siieech? kmuw maseech saiyangs sama akiu gag seech sebenernyuwa??"
Alay 3 : "Ouh mY 9oD..!! kYknY4w c 9W k3ReNz 48335h d3cH..!!"
Bisa dibaca juga artikel mengenai Alay yang lebih lengkap di blog saya ini yang berjudul “IT’S ALL ABOUT ALAY”.

14. Tipe Hidden Message
Tipe ini biasanya tidak to the point, tapi tentunya punya niat biar orang yg dituju membaca nya. (bagus kalo baca..kalo ngga? kelamaan nunggu) padahal kan bisa langsung aja sms ya.
Contoh : "For you my M***, I can' t live without you Cribo Rasta…you are my bla bla bla..","Heh, cewe bajingan..ngapain lo deket2in co gw?! kayak ga laku aja lo.." (padahal cewe tersebut tidak ada dalam jaringannya facebooknya.. mana bisa baca tu cewe...:p)

15. Tipe Misterius
Tipe yang biasanya bikin banyak orang bertanya tanya atas apa maksud dari status orang tersebut..Biasanya dalam suatu kalimat membutuhkanSubjek + Predikat + Objek + Keterangan. Tapi orang tipe ini mungkinhanya mengambil beberapa atau malah hanya 1 saja..Dan pastinyamengundang kontroversi.
Contoh : "Sudahlah..." , "Telah berakhir.." (apanya??),"Termenung.. ." (so what gitu, loh)

Dari sekian banyak macam status di atas, apakah anda termasuk salah satu dari yang ada di atas ???

Jumat, 19 Maret 2010

SUNGAI BAWAH LAUT

Percaya gak percaya waktu pertama kali anda mendengar berita mengenai ada sungai di bawah laut. Ya, sungai bawah laut itu nyata terjadi di dunia ini, tepatnya berada di daerah Cenote Angelita, Mexico. Disana ada sebuah gua, jika anda menyelam hingga kedalaman 30 meter, airnya air segar (tawar), namun jika anda menyelam sampai kedalaman lebih dari 60 meter, airnya menjadi air asin, lalu anda dapat melihat sebuah sungai di dasar laut yang lengkap dengan adanya pohon dan daun.
Siapa yang menemukan sungai bawah laut tersebut? Yang menemukannya adalah Mr.Jacques Yves Costeau, ia adalah seorang ahli oceanografer dan ahli selam terkemuka dari Perancis. Orang tua yang berambut putih ini sepanjang hidupnya menyelam ke berbagai dasar samudera di seluruh dunia dan membuat fiem dokumenter tentang keindahan alam dasar laut untuk ditonton di seluruh dunia.
Pada suatu hari ketika sedang melakukan eksplorasi di bawah laut, tiba-tiba ia menemui beberapa kumpulan mata air segar (tawar) yang sangat sedap rasanya kerana tidak bercampur / tidak melebur dengan air laut yang asin di sekelilingnya, seolah-olah ada dinding atau membran yang membatasi keduanya.
Fenomena ganjil itu cukup membingungkan Mr. Costeau dan mendorongnya untuk mencari penyebab terpisahnya air tawar dari air asin di tengah lautan. Ia mulai berfikir, apakah itu hanya halusinansi atau khalayan sewaktu ia menyelam. Waktu pun terus berlalu setelah kejadian tersebut, namun ia tak kunjung mendapatkan jawaban yang memuaskan tentang fenomena ganjil tersebut.
Sampai pada suatu hari ia bertemu dengan seorang profesor muslim, kemudian ia pun menceritakan fenomena ganjil itu. Profesor itu teringat pada ayat Al Quran tentang bertemunya dua lautan (QS Ar Rahman ayat 19-20) yang sering di identikkan dengan Terusan Suez. Ayat itu berbunyi “Marajal bahraini yaltaqiyaan, bainahumaa barzakhun laa yabghiyaan…” Yang artinya: “Dia biarkan dua lautan bertemu, di antara keduanya ada batas yang tidak boleh ditembus.”
Selain itu, dalam beberapa kitab tafsir, ayat tentang bertemunya dua lautan tapi tak bercampur airnya diartikan sebagai lokasi muara sungai, di mana terjadi pertemuan antara air tawar dari sungai dan air asin di laut. Namun tafsir itu tidak menjelaskan ayat berikutnya dari (QS Ar Rahman ayat 22) yang berbunyi “Yakhruju minhuma lu’lu`u wal marjaan” yang artinya “Keluar dari keduanya mutiara dan marjan.” Padahal di muara sungai tidak ditemukan mutiara.
Terpesonalah Mr. Costeau mendengar ayat-ayat Al Qur’an itu, melebihi kekagumannya melihat keajaiban pemandangan yang pernah dilihatnya di lautan yang dalam. Al Qur’an ini mustahil disusun oleh Muhammad yang hidup di abad ke tujuh, suatu zaman saat belum ada peralatan selam yang canggih untuk mencapai lokasi yang jauh terpencil di kedalaman samudera. Benar-benar suatu mukjizat, berita tentang fenomena ganjil 14 abad yang silam akhirnya terbukti pada abad 20. Mr.Costeau pun berkata bahawa Al Qur’an memang sesungguhnya kitab suci yang berisi firman Allah, yang seluruh kandungannya mutlak benar. Dengan seketika dia pun memutuskan untuk pindah agama dan saat ini ia memeluk Islam.
Berikut ini beberapa foto sungai bawah laut yang saya dapatkan dari mbah google :







MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”

DAFTAR BOM DI INDONESIA




Berikut ini merupakan daftar Tragedi Bom yang ada di Indonesia mulai dari tahun 2000 hingga yang terakhir tahun 2009, dan semoga saja tidak ada lagi Tragedi Bom di Indonesia untuk selamanya, amin.

Bom kedubes Filipina 2000
1 Agustus 2000, bom meledak dari sebuah mobil yang diparkir di depan rumah Kedubes Filipina, menghancurkan mobil duta besar dan gedung-gedung di sekitarnya termasuk gedung KPU dan rumah Dubes Bulgaria. Korban jiwa 2 orang tewas, 21 orang luka-luka termasuk Dubes Filipina, Leonides T. Caday.

Pelaku
13 Oktober 2003, Abdul Jabbar, Faturrahman al Ghozi dan Edi Sutiono didakwa melakukan pengeboman tersebut. Abdul Jabbar bin Ahmad Kandai dihukum 20 tahun penjara. Abdul Jabbar juga terbukti terlibat dalam sejumlah aksi pengeboman sejumlah gereja yakni Gereja Anglikan Menteng Jakarta Pusat dan Gereja Oikumene Jalan Angkasa Halim Perdana Kusumah Jakarta Timur. Bayaran yang diterima Abdul Jabbar, 300 ribu sebelum peledakan dan 500 ribu pasca ledakan. Pada pengeboman 24 November 2000 bayaran yang diterimanya di dua gereja 300 ribu.

Bom Kedubes Malaysia 2000
29 Agustus 2000, pukul 22.00 WIB, bom meledak di kedubes Malaysia, ledakan bom ketiga setelah ledakan bom kejaksaan agung 4 juli, kedubes malaysia 1 agustus. Pada bom ini tidak ada korban jiwa.
Pelaku
Tanggal 2 Agustus 2001, Iswadi H. Jamil alias Bang Is dan Kopda Ibrahim Hasan tersangka pelempar granat didakwa 10 tahun penjara.

Bom BEJ 2000
13 September 2000, bom meledakkan lapangan parkir P2 Gedung Bursa Efek Jakarta, merusakkan 104 mobil dan 57 mobil rusak ringan. Korban jiwa 10 orang tewas dan 90 orang luka-luka.
Pelaku
2 Agustus 2001, Tengku Ismuhadi Jafar dan Nuryadin alias Nadin, Irwan bin Ilyas dan Kopda Ibrahim Hasan disidang.

Bom malam natal 2000
24 Desember 2000, serangkaian ledakan bom pada malam Natal di beberapa kota di Indonesia, merenggut nyawa 16 jiwa dan melukai 96 lainnya serta mengakibatkan 37 mobil rusak.

Tempat-Tempat Ledakan Bom Malam Natal, 24 Desember 2000:

Batam:
1. Gereja Katolik Beato Damian, Bengkong
2. Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Sungai Panas
3. Gereja Bethany Lantai II Gedung My Mart Batam Center
4. Gereja Pantekosta di Indonesia Pelita, Jalan Teuku Umar.

Pekanbaru:
5. Gereja HKBP Pekanbaru di Jalan Hang Tuah
6. Gereja di Jalan Sidomulyo

Jakarta
7. Gereja Katedral
8. Sekolah Kanisius Menteng Raya
9. Gereja Matraman
10.Gereja Koinonia Jatinegara
11.Gereja Oikumene Halim

Sukabumi
12.Gereja Pantekosta Sidang Kristus di Jalan Masjid 20 Alun Alun Utara
13.Gereja di Jalan Otto Iskandardinata

Pangandaran
14.satu bom

Bandung
15.Pertokoan Cicadas dan di Jalan Terusan Jakarta 43

Kudus:
16. Gereja Santo Yohanes Evangelista di Jalan Sunan Muria 6

Mojokerto:
17.Gereja Allah Baik di Jalan Tjokroaminoto
18.Gereja Santo Yosef di Jalan Pemuda
19.Gereja Bethany
20.Gereja Ebenezer di Jalan Kartini

Mataram:
21.Gereja Protestan Indonesia Barat Imanuel di Jalan Bung Karno
22.Gereja Betlehem Pantekosta Pusat Surabaya (GBPPS)
23.Pekuburan Kristen Kapitan Ampenan

Pelaku
Husaid, yang diduga kuat terlibat kasus peledakan bom malam Natal di NTB, 06 Februari 2003 resmi menjadi buron Polda Nusa Tenggara Barat. Lelaki asal Bima ini disebut-sebut punya hubungan khusus dengan Amrozi, tersangka pelaku peledakan bom di Kuta, Bali.

08 September 2003, Terdakwa bom malam Natal tahun 2000 di Pekanbaru, Zoesfriyoes bin Yunus alias Datok Rajo Ameh alias Mukhtar Tanjung, divonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru 3 tahun penjara.

Nasrun Kalianda salah seorang kuasa hukum Imam Samudra, kepada wartawan di Mabes Polri, mengatakan dalam kesaksian Imam Samudra kepada penyidik Mabes Polri, kliennya mengakui peristiwa peledakan bom pada malam Natal 2000 di Batam, itu direncanakan sejak bulan Oktober hingga Desember 2000 oleh Imam Samudra, Hambali dan dr Azhari. Perencanaan aksi pengeboman itu dilakukan di sebuah tempat yakni Wisma 2000 di Batam.

Dijelaskan Nasrun, aksi peledakan bom di Gereja Bethany dan GKPS Batam tersebut melibatkan sembilan orang. Pertama, Imam Samudra selaku eksekutor sekaligus penggagas, kedua dr Azhari alias Adam, warga negara Malaysia yang ikut menggagas aksi pengeboman, ketiga Hambali, selain penggagas, dia juga motivator.

Keempat Mahmud bertindak sebagai observer. Kelima, Furqon yang meledakkan Gereja Bethany dan GKPS Batam pada malam Natal, keenam Syamsudin, yang bersama Mahmud menjadi observer, ketujuh, Tarmizi, warga Malaysia yang memberikan formula perakitan bom.

Kemudian kedelapan, Abdul Zabir sebagai penyuplai bahan peledak berupa TNT dan detonator melalui pelabuhan Sekupang, Batam, dan kesembilan Syahid Jabir, yang bertindak selaku donatur aksi.

Bom Plaza Atrium Senen, Jakarta 2001. 23 September 2001, bom meledak di kawasan Plaza Atrium, Senen, Jakarta. 6 orang cedera.

Pelaku:
16 Januari 2002, Taufik Abdullah, warga negara Malaysia dan Setiono alias Abas disidangkan.

Bom Restoran KFC, Makassar 2001. 12 Oktober 2001, ledakan bom mengakibatkan kaca, langit-langit, dan neon sign KFC pecah. Tidak ada korban jiwa. Sebuah bom lainnya yang dipasang di kantor MLC Life cabang Makassar tidak meledak.

Bom sekolah Australia, Jakarta 2001. 6 November 2001, bom rakitan meledak di halaman Australian International School (AIS), Pejaten, Jakarta.

Bom Bali I
Dua bom berkekuatan dasyat telah mengguncang Bali pada 12 Oktober 2002. Lebih dari 200 orang tewas akibat peristiwa tragis itu. Tak cuma itu, lebih dari 200 orang lainnya luka-luka baik ringan maupun parah.

Jika dihitung-hitung, bom yang meledak di dua tempat hiburan di Jalan Legian, Kuta, Bali itu tepat 1 tahun, 1 bulan dan 1 hari setelah bom yang mengguncang World Trade Center (WTC) Amerika Serikat. Tak cuma warga di Indonesia, dunia pun bergetar mendengar kabar ini.

Pelaku:
Amrozi membeberkan lima orang yang menjadi tim inti peledakan. Ali Imron, Ali Fauzi, Qomaruddin adalah eksekutor di Sari Club dan Paddy's. Sementara M Gufron dan Mubarok menjadi orang yang membantu mempersiapkan peledakan. Polisi pun memburu Muhammad Gufron (kakak Amrozi), Ali Imron (adik Amrozi), dan Ari Fauzi (saudara lain dari ibu kandung Amrozi). Kakak tiri Amrozi, Tafsir. Tafsir dianggap tahu seluk-beluk mobil Mitsubishi L-300 dan meminjamkan rumahnya untuk dipakai Amrozi sebagai bengkel.

Bom Kompleks Mabes Polri, Jakarta 2003. 3 Februari 2003, bom rakitan meledak di lobi Wisma Bhayangkari, Mabes Polri Jakarta. Tidak ada korban jiwa.

Bom Bandara Cengkareng, Jakarta 2003. 27 April 2003, bom meledak dii area publik di terminal 2F, bandar udara internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta. 2 orang luka berat dan 8 lainnya luka sedang dan ringan.

Bom JW Marriott 2003. 5 Agustus 2003, bom menghancurkan sebagian hotel JW Marriott. Sebanyak 11 orang meninggal, dan 152 orang lainnya mengalami luka-luka.

Bom cafe, Palopo 2004, terjadi pada 10 Januari 2004 di Palopo, Sulawesi menewaskan empat orang.

Bom Kedubes Australia 2004, 9 September 2004, ledakan besar terjadi di depan Kedutaan Besar Australia. 5 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Ledakan juga mengakibatkan kerusakan beberapa gedung di sekitarnya seperti Menara Plaza 89, Menara Grasia, dan Gedung BNI.

Ledakan bom di Gereja Immanuel, Palu, Sulawesi Tengah pada 12 Desember 2004.

Dua Bom meledak di Ambon pada 21 Maret 2005

Bom Pamulang, Tangerang 2005, 8 Juni 2005, bom meledak di halaman rumah Ahli Dewan Pemutus Kebijakan Majelis Mujahidin Indonesia Abu Jibril alias M Iqbal di Pamulang Barat. Tidak ada korban jiwa.

Bom Bali 2005, 1 Oktober 2005, bom kembali meledak di Bali. Sekurang-kurangnya 22 orang tewas dan 102 lainnya luka-luka akibat ledakan yang terjadi di R.AJA's Bar dan Restaurant, Kuta Square, daerah Pantai Kuta dan di Nyoman Café Jimbaran.

Pelaku:
Empat tersangka kasus bom Bali II yang disidang di Pengadilan Negeri Denpasar yakni: Anif Solchanudin alias Pendek (24), Mohamad Cholily alias Yahya (28), Abdul Azis alias Jafar (30) dan Dwi Widianto alias Wiwid (30).

Cholily terungkap sebagai warga asal Malang, Jawa Timur, Anif asal Semarang, Abdul Azis putra kelahiran Pekalongan, dan Wiwid diketahui pria asal Semarang, Jawa Tengah

Pemboman Palu 2005, 31 Desember 2005, bom meledak di sebuah pasar di Palu, Sulawesi Tengah yang menewaskan 8 orang dan melukai sedikitnya 45 orang.

Bom Jakarta 2009, 17 Juli 2009, dua ledakan dahsyat terjadi di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton, Jakarta. Ledakan terjadi hampir bersamaan, sekitar pukul 7.00 WIB. Yang menelan beberapa korban jiwa dan menyebabkan sebuah klub elit sepak bola asal Inggris yaitu Manchester United yang akan mengadakan pertandingan persahabatan di Indonesia dan akan datang pada tanggal 18 Juli 2009 akhirnya membatalkan pertandingan persahabatan itu.

Senin, 15 Maret 2010

TERORIS OH TERORIS

Tidak akan pernah berhenti berita mengenai teroris. Sejak tahun 2000 sampai yang terakhir tahun 2009 Indonesia selalu dihantui oleh para teroris. Sudah banyak sekali korban tewas maupun luka – luka akibat ulah dari para teroris ini. Berikut ini adalah beberapa aksi para teroris di Indonesia :

Tahun 2000 : Bom Kedubes Filipina, Bom Kedubes Malaysia, Bom Gedung BEJ, Bom Natal.
Tahun 2001 : Bom Plaza Atrium Senen, Bom KFC Makassar, Bom Sekolah Australia Jakarta.
Tahun 2002 : Bom Malam Tahun Baru, Bom Bali 1, Bom McDonald Makassar.
Tahun 2003 : Bom Mabes Polri, Bom Cengkareng, Bom Marriot 2003.
Tahun 2004 : Bom Cafe Palopo, Bom Kedubes Australia, Bom Palu.
Tahun 2005 : Bom Ambon, Bom Pamulang, Bom Bali 2, Bom Palu.


Indonesia pun akhirnya membentuk tim khusus untuk menyelidiki dan menangkap parar teroris itu, yang namanya DENSUS 88 yang artinya Detasemen Khusus, lalu apa makna dari 88 itu, mungkin beberapa orang mengatakan itu hanya angka biasa saja dan tidak memiliki arti dibalik angka tersebut, padahal angka 88 itu memiliki arti khusus yaitu jika anda perhatikan angka 88 itu mirip sebuah benda yang tidak bisa dipisahkan dari penegak hukum diseluruh dunia, yaitu borgol. Angka 88 itu melambangkan borgol yang diartikan agar tim densus 88 dapat memborgol dan menangkap para teroris tersebut untuk keamanan Indonesia.

Walaupun gembong teroris Dr.Azhari sudah tewas pada tahun dengan cara meledakkan dirinya dengan bom disebuah rumah di daerah Batu, Malang. Gembong berikutnya yang jadi perburuan tim densus 88 yaitu Nurdin M Top, setelah berhasil melarikan diri pada beberapa penggrebekan yang dilakukan oleh tim densus 88 akhirnya pada tahun 2009 kemarin di sebuah rumah di daerah Nurdin M Top berhasil dilumpuhkan oleh tim densus 88 dalam sebuah penggrebekan hebat yang menjadi siaran live breaking news di beberapa televisi berita di Indonesia.

Terakhir gembong teroris yang disebut – sebut memiliki keahlian yang melebihi keahlian Dr.Azhari dan Nurdin M Top dan menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang) beberapa negara karena terlibat dalam serangkaian kegiatan teroris yaitu Dulmatin, tim densus 88 pun berhasil melumpuhkannya di warnet multiplus di dareh Pmulang, Tangerang Selatan.

Tapi setelah kematian gembong teroris tersebut dan beberapa para pengikutnya teroris pun makin menjamur dan disinyalir ada kegiatan kelompok teroris baru di Indonesia. Walaupun teroris sangat menakutkan bagi beberapa orang dan tidak ada habisnya, tapi mari kita bersama bersatu dan teriakkan bahwa ”KAMI TIDAK TAKUT – INDONESIA UNITE”.

TIPS MEMILIH ANTI VIRUS YANG TEPAT

Antivirus sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para pengguna komputer. Tanpa software yang satu ini, komputer anda dipastikan tidak aman karena sering diganggu oleh virus. Namun tidak semua anti virus yang ditawarkan di pasaran saat ini memberikan keamanan maksimal bagi komputer anda. Maka dari itu anda harus selektif dalam memilih anti virus, jangan asal – asalan. Berikut ini saya berikan tips memilih anti virus yang tepat untuk komputer anda :

1. Mudah Penggunannya. Software anti virus yang baik harus mudah digunakan, tanpa memandang kemahiran dan pengetahuan kita.
2. Efektif Ketika Mengidentifikasi Virus Dan Semacamnya. Produk anti virus yang baik dapat mengenali data – data yang terinfeksi dengan cepat melalui pemindaian secara real time, mencari dan menemukan virus pada banyak tempat, termasuk email, aplikasi pesan instant, web browsing, dan sebagainya.
3. Efektif Ketika Membersihkan Dan Mengisolasi File – File Yang Terinfeksi. Software anti virus yang terpercaya mampu membersihkan dengan sempurna, menghapus atau mengkarantina file –file yang terinfeksi kemudian menghentikan penyebaran virus dalam harddisk atau melalui jaringan.
4. Laporan Aktivitas. Anti virus yang baik segera memrikan notifikasi dari virus – virus yang ditemukan melalui scanning real time dan menyediakan hasil scanning yang mudah dibaca beserta data virus dan kerusakan yang ditimbulkannya.
5. Fitur. Adanya fitur – fitur tambahan (plugin) menjadikan sebuah anti virus semakin ampuh dalam memberikan perlindungan. Anti virus yang tangguh selalu menawarkan bermacam tools, mulai dari pemindaian real time biasa hingga yang lebih canggih, pemindaian heuristik dan pemblokiran script, anti virus semakin baik jika pilihan opsi fungsi toolsnya lebih banyak.
6. Instalasi Dan Setup Yang Mudah. Anti virus seharusnya mudah untuk di instal dan digunakan hanya dengan beberapa kali klik saja.
7. Dokumentasi Help / bantuan. Anti virus termutakhir biasanya banyak help-nya, mencakup dukungan via email, chat online atau melalui telepon. Dan juga mestinya ada dokumen – dokumen online, seperti pengetahuan dasar dan FAQ atau daftar pertanyaan – pertanyaan umum seputar software anti virus tersebut.

Di pasaran sangat banyak software anti virus, seperti Avira, AVG, dan masih banyak lagi yang lainnya dan termasuk anti virus buatan anak negeri yaitu Smadav.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

TIPS MEMBERANTAS VIRUS KOMPUTER

Virus kmputer tentunya bukan sesuatu yang asing lagi bagi anda yang sehari – hari menggunakan komputer. Sebagai program yang diciptakan denga tujuan tertentu, virus komputer ada yang bersifat merusak dan ada pula yang mengganggu. Virus perusak biasanya merusak file – file yang penting untuk runningnya sistem operasi. Sedangkan virus pengganggu bekerja dengan mengandalkan file – file yang ada dalam sistem komputer sehingga kapasitas space yang tersedia dalam harddisk anda semakin kecil.

Untuk anda yang memiliki program anti virus yang up to date, keberadaan virus ini tidaklah menjadi soal, karena anti virus itu akan mencegah berkembang biaknya virus dalam sistem komputer. Tetapi bagaimana dengan anda yang tidak dilengkapi anti virus yang up to date?
Berikut ini saya berikan tips ringan untuk mengatasi serangan virus:

1. Apabila anti virus anda sudah expired atau tidak ada anti virusnya, cobalah untuk menginstal anti virus atau meng-update anti virus anda.
2. Bila anti virus tersebut mencegah instalasi program anti virus atau proses update program anti virus, anda jangan buru – buru untuk memformat komputer anda. Cobalah men-scan komputer anda dengan menggunakan komputer lain yang program anti virusnya up to date.
3. Jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah untuk me-restart komputer anda dan masuklah ke safe mode, lalu jalankan software anti virus yang dapat beroperasi di safe mode sistem operasi windows.
4. Namun apabila cara diatas tidak ada yang berhasil untuk mengatasi serangan virus pada komputer anda, maka anda bisa gunakan cara terakhir yaitu memformat ulang komputer anda.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

Jumat, 12 Maret 2010

SAFETY RIDING SAAT MUSIM HUJAN

Musim hujan telah tiba, untuk para pengendara motor saya mempunyai tips yang sangat berguna untuk berkendara yang aman di saat musim hujan.

1. BAN BOTAK. Jangan sampai menggunakan ban yang sudah botak, teliti kedalaman alur kembang ban, jika sudah kurang dari 2mm sebaiknya cepat diganti. Beli ban baru yang yang berprofil soft (lunak), jangan membeli yang hard (keras) supaya tidak mudah selip, dan hindari pula membeli ban yang berprofil slick, karena sangat beresiko tinggi untuk berkendara di saat musim hujan seperti sekarang ini.
2. KURANGI TEKANAN BAN. Supaya ban tidak mudah selip saat melibas jalanan becek, sebaiknya kurangi tekanan ban antara 3 – 5 psi. Makin kempis maka permukaan ban yang menempel ke permukaan jalan akan semakin banyak, dan akan membuat lebih stabil.
3. CEK SISTEM PENGEREMAN. Baik yang menggunakan rem tromol maupun rem cakram pasti akan kena rembesan air hujan. Caranya tekan tuas rem setengah sambil berjalan perlahan beberapa saat, gesekan rem akan menghilangkan air yang berada di dalam kampas rem. Namun jika tidak berpengaruh, itu tandanya harus mengganti kampas rem. Rem sangat penting bagi pengendara motor, bagian yang sangat vital, jika rem tidak bisa berfungsi dengan baik maka akan sangat berbahaya bagi pengendara motor.
4. PAKAI JAS HUJAN. Jenis jas hujan ada 2, model ponco dan model baju celana. Saya sarankan sebaiknya gunakan model baju celana, karena dapat menutupi seluruh badan dengan maksimal dari air hujan.
5. NYALAKAN LAMPU DEPAN. Saat hujan, pastinya jarak pandang sangat terbatas. Supaya menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sangat diajurkan untuk menyalakan lampu motor anda.
6. KACA HELM. Tembakau rokok tidak selamanya berdampak negatif, namun dapat berguna juga untuk kaca helm, baik helm half face maupun helm full face. Saat hujan pasti kaca helm akan mengembun, karena perbedaan suhu diluar dan didalam helm. Jika tidak memungkinkan untuk membuka setengah kaca helm, bisa anda taburkan tembakau rokok keseluruh permukaan kaca helm, dijamin air yang mengenai kaca helm tidak akan mengumpul dan mengembun.
7. BANJIR. Jika sudah tidak bisa memutar balik ataupun tidak ada jalan alternativ lain, sebelum memaksakan diri untuk menerjang genangan banjir sebaiknya anda memperkirakan ketinggian genangan banjir, apakah aman untuk anda terjang atau tidak. Ukur kendaraan di depan, jika ketinggian genangan banjir sampai menutupi mesin dan knalpot, jangan memaksakan diri untuk terus menerjang genangan banjir. Jika anda tetap memaksakan diri untuk menerjang banjir, usahakan gas anda tahan tetap di putaran dengan gir gigi satu, dan usahakan kecepatan rendah dan konstam, agar air tidak masuk knalpot yang bisa menyebabkan mesin mogok.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

Senin, 08 Maret 2010

CARA MENGUSIR CAT TAK DI UNDANG DI BODI MOTOR

Hal yang sangat menjengkelkan saat anda melihat ada cat lain yang menempel di bodi motor anda. Mungkin penyebabnya bisa berasal dari kendaraan lain yang menyerempet / menabrak motor anda, sehingga ada cat dari kendaraan itu yang menempel di bodi motor anda. Pastinya jadi tidak enak dilihat dan terlihat kotor karena ada cat lain yang menempel di bodi motor anda.

Jika peristiwa ini tejadi pada anda, jangan telalu pusing & bingung, saya mempunyai tips ringan yang bisa anda coba untuk menghilangkan cat yang tak diundang yang menempel di bodi motor anda, tidak perlu dibawa kebengkel, lakukan sendiri dirumah juga bisa.

Caranya yaitu dengan menggunakan obat nyamuk ”A”, pasti anda semua sudah mengetahui & kenal dengan obat nyamuk ”A” itu. Obat nyamuk ”A” itu bukan hanya berguna untuk mengusir nyamuk, tapi juga bisa mengusir cat yang tak diundang itu. Caranya cukup mudah, yaitu cukup oleskan obat nyamuk ”A” secukupnya dengan menggunakan jari anda di tempat cat tak diundang itu, lakukan terus – menerus berulang kali sampai cat tak diundang tersebut hilang, kemudian gosok dengan lap bersih hingga bekas cat itu luntur dan bersih kembali.

Cukup mudah & praktis kan, cukup dengan obat nyamuk ”A” tersebut yang biasanya anda gunakan hanya untuk mengusir nyamuk, tapi dapat digunakan juga untuk mengusir cat tak diundang tersebut.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

TIPS MENCEGAH BODI MOTOR BARET

Apa yang akan kita rasakan apabila saat melihat bodi motor kita baret / lecet, pasti akan sangat kesal. Biasanya bodi motor baret / lecet karena beberapa hal, ada yang karena bersenggolan dengan motor lain di parkiran, ada yang karena kecelakaan di jalan yang tidak kita inginkan, atau bahkan kerna hal yang sangat sepele yaitu karena kain celana jeans yang kita gunakan bergesekan dengan bodi motor.

Saya mempunyai tips untuk mencegah bodi motor kita baret / lecet yang dikarenakan hal – hal yang sudah saya sebutkan diatas. Kita dapat mencegahnya dengan cara yaitu dengan menempelkan stiker ”kaca film”. Jika ada yang belum mengetahui stiker ”kaca film” apa sih? Stiker ”kaca film” yaitu stiker yang tipis transparan, mungkin ada yang menggunakan stiker ”kaca film” yang berwarna seperti hitam, biru, merah untuk ditempelkan pada lampu motor, taoi disini yang kita gunakan yaitu stiker ”kaca film” yang berwarna putih transparan. Pasang saja di beberapa bagian bodi yang sangat rawan baret, saya jamin ketakutan kita akan bodi baret / lecet akan hilang dengan menggunakan stiker ”kaca film”. Dan saya sudah membuktikan sendiri di motor saya, sudah terbukti bodi motor saya tidak ada yang baret / lecet karena menggunakan stiker ”kaca film”.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

CARA MENGUSIR KARAT

Pasti sangat tidak enak untuk dilihat apabila ada bagian motor anda yang berkarat, hal itu bisa dikarenakan oleh debu yang sudah sangat menempel dengan permukaan motor atau bisa juga karena dari air hujan. Saya mempunyai sedikit info untuk anda bagaimana cara menghilangkan karat yang ada di motor anda.

Sekarang sudah banyak dijual cairan atau pasta untuk menghilangkan karat, harganya pun relative murah. Jika anda ingin lebih murah lagi, anda bisa menggunakan bumbu yang ada di dapur rumah anda, tapi hanya untuk menghilangkan karat yang tidak terlalu parah. Bumbu dpaur tersebut yaitu asam jawa kawak (yang sudah lam) plus air cuka. Tips ini sudah sering sekali ada di beberapa koran / tabloid / majalah otomotif di Indonesia, tapi mungkin anda tidak terlalu memperhatikan atau bahkan tidak sempat membaca tips tersebut, maka dari itu saya ingin membahasnya kembali di sini.

Sebagai contoh disini saya mengambil contoh membersihkan velg alumunium yang sudah berkarat. Langkah pertama yaitu siapkan bahan – bahan yang akan anda gunakan, yaitu kain lap, air cuka, dan asam jawa. Lalu campurkan asam jawa dengan air cuka secukupnya sesuai dengan penggunaannya sampai semuanya merata. Ambil velg yang berkarat tersebut, kemudian olesi pada bagian yang berkarat tersebut dengan campuran tersebut. Gunakan kain lap untuk menggosok bagian yang berkarat tersebut, gosok dengan perlahan sambil sedikit menekan, lakukan dengan sabar sedikit demi sedikit sampai karatnya memudar.

Cara ini hanya untuk yang berkarat stadium 4 alias berkarat yang tidak terlalu parah.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

Senin, 01 Maret 2010

TIPS ALTERNATIF PERAWATAN CAT (UNTUK MOTOR KONTES)

Sungguh tidak terbayang berapa budget yang harus disiapkan jika anda ingin mengikuti sebuah kontes modifikasi, anda wajib menyiapkan pengkilap & perawat cat motor, pasti akan jebol kantong kita untuk menyiapkan piranti pengkilap & perawat tersebut yang harganya lumayan mahal. Saya memiliki solusi alternatif untuk mengganti piranti pengkilap & perawat cat motor yang dijamin murah meriah dan tidak akan menguras kantong dalam – dalam namun dengan hasil yang tidak kalah dengan piranti pengkilap & perawat cat motor yang asli.

Caranya yaitu :

Untuk menggantikan shampo motor, bisa kita gunakan shampo bayi saat mencuci motor. Seperti yang kita ketahui bahwa shampo bayi memiliki kadar PH balance yang rendah, jadi kelembutannya tidak akan mengangkat atau bahkan mengikis lapisan pernis cat motor kontes kita.

Untuk menggantikan wax motor, bisa kita gunakan hand and body lotion untuk mulusin kulit motor kontes kita (ternyata hand and body lotion bukan hanya untuk mulusin kulit manusia saja, tapi cocok untuk kulit motor juga). Tapi perlu diingat, penggunaan hand and body lotion sebagai pengganti wax motor hanya untuk dipergunakan untuk kontes saja, karena jika untuk penggunaan harian sangat tidak dianjurkan, karena hand and body lotion bahan dasarnya mempunyai karakter yang mengikat debu, ok!

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

SAAT TEPAT ISI BENSIN

Mengisi bensin ada triknya juga loh, jika mengisi bensin pada sikon yang salah dapat merugikan diri sendiri. Saya yakin belum terlalu banyak yang mengetahui trik ini, atau mungik ada yang sudah mengetahui trik ini tapi tidak perduli karena dia berpikir trik ini sangat sepele, tapi dia belum mengetahui akibatnya apa.
Saya akan memberi trik agar anda aman saat melakukan pengisian bensin, yaitu jangan pernah sekali – kali anda mengisi bensin pada saat SPBU sedang melakukan pengisian tangki reservoir utama SPBU oleh truk pembawa BBM. Karena pada saat itu kotoran – kotoran yang ada didalam tangki reservoir akan terangkat naik ke permukaan tangki dan tersedot melalui pmpa – pompa pengisian bensin. Dan pastinya kotoran itu juga akan masuk ke dalam tangki motor kita, apa mau anda mengalami peristiwa itu?
Oleh karena itu sebaiknya anda melakukan pengisian bensin jangan pada saat truk pembawa BBM ada di SPBU sedang melakukan pengisian tangki reservoir, lakukan pengisian pada saat truk pembawa BBM sudah selesai melakukan tugasnya dan meninggalkan SPBU.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

CARA MERAWAT MOTOR MESIN 4 TAK

ngin memiliki motor 4 tak berumur panjang, pastinya harus rajin dirawat. Yang harus diperhatiin yaitu :

PERIKSA KONDISI OLI
Oli mesin fital banget untuk mesin 4 tak, karena kerjanya untuk melumasi komponen – komponen mesin, seperti stang piston, piston, dan ring piston, kruk as, dan noken as atau stang klep. Jadi kalau oli sudah berwarna kehitam – hitaman atau kelenturan daya lumasnya sudah berkurang, tandanya oli harus segera diganti. Ganti oli secara teratur setiap 2000 km dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrik motor.

PERIKSA KONDISI AKI
Jangan dibiasakan mengisi air melewati batas maksimum atau kurang dari batas minimum. Akibatnya sel-sel aki lebih cepat rusak. Sebaiknya tambahkan air pada pagi hari. Selain itu, jika aki mulai melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (bentuknya seperti serbuk putih). Akibat korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel – kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian – bagian lainnya. Parahnya arus listrik yang dihantarkan baterai atau aki tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika aki sudah mulai melemah atau tidak mampu distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya, sebab bisa merusak transmisi.

PERIKSA RANTAI & GEAR
Periksa rantai, jangan terlalu kendor dan juga jangan terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai lepas dari gearnya, terlalu kencang bisa mengakibatkan rantai putus. Setiap habis dicuci atau minimal sebulan dua kali sebaiknya dilumasi dengan oli atau pelumas khusus rantai (chain lube). Periksa pula kondisi gearnya, jika gigi – giginya sudah tajam sebaiknya segera diganti karena bisa bikin rantai putus tiba – tiba. Sebaiknya saat penggantian komponen langsung semuanya, gear set (gear depan, gear belakang, dan rantai), karena jika dilakukan penggantian hanya salah satunya berakibat juga dengan yang lainnya.

PERIKSA KABEL & BUSI
Periksa kabel koil jika sudah tua dan terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel, lekas diganti. Lalu periksa juga kerenggangan busi, jika mata busi sudah menipis lekas diganti, karena berpengaruh pada jumlah percikan ke mesin.

PERHATIKAN SELANG BENSIN
Jangan biarkan selang bensin mengeras atau terjadi retakan – retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastisyang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dan tangki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

PANASKAN MESIN
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tidak perlu lama – lama, cukup 1-2 menit saja. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Dan juga mempermudah memperoleh RPM yang pas tiap giginya, daripada digeber langsung saat mesin dingin. Yang pelu diingat, jangan telalu lama memanaskan motor karena akan membuat pipa knalpot cepat menguning dan selain itu pastinya jadi membuang bensin dengan percuma.

PERIKSA TEKANAN ANGIN BAN
Jangan telalu keras dan janga terlalu kurang, karena bisa berakibat kembang motor lebih cepat rusak dan boros di bahan bakar.

GUNAKAN SELALU SPAREPART ASLI
Lebih baik mahal sedikit untuk membeli sparepart yang asli tapi puas & tahan lama, daripada lebih melihat sisi hemat & murah untuk membeli sparepart yang tidak asli, meski murah tapi daya tahan dan kualitas pasti kurang dari yang asli, kalau dihitung totalnya juga tidak beda jauh dengan yang asli, jadi lebih baik gunakan sparepart yang asli kan.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

CARA MERAWAT MOTOR YANG BAIK DAN BENAR

Motor merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari – hari kita, karena motor sudah merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari kita. Maka dari itu kita harus bisa merawat motor dengan baik & benar agar tampilan motor kita tetap fresh. Caranya yaitu, check it out :

BODI
Jarang ada produk untuk merawat bodi yang all in one fungsinya, masing – masing ada spesifikasi sendiri. Untuk menghilangkan debu & kotoran cuci dengan menggunakan shampo khusus motor. Untuk debu yang sudah mengeras dan goresan ringan poles menggunakan kompon khusus. Untuk mengkilapkan gunakan cleaner wax, dan untuk membuat efek wet look poles dengan menggunakan cairan pelindung yang sangat banyak dijual di pasaran. Untuk bagian bodi yang terbuat dari plastik ember dan tak dicat kerap ditempeli debu bandel, semprotkan vinyl protection dan poles dengan menggunakan kain bersih, dijamin panel bodi jadi bersih & mengkilap.

MESIN
Kalau hanya sekedar dicuci saja, kotoran & debu tidak akan pergi, sebaiknya semprot dengan menggunakan engine degreaser, pasti pergi kotoran & debu yang menempel di mesin. Tapi perlu diingat, jangan dilakukan pada saat mesin sedang panas, karena dapat mengakibatkan kelir mesin cepat pudar & kusam.

VELG
Untuk tampilan velg aluminium agar tetap besih, semprot dengan menggunakan wheel cleaner untuk mengusir kotoran & debu dari kampas rem. Namun jika sudah terlanjur ada noda – noda buram bekas hujan, oli, dan air, bisa melakukan trik ini. Triknya adalah dengan cara mencampurkan 1 wadah kecil kompon kuning, 200 cc minyak tanah, 2 sendok makan detergen, ditambah 0.5 liter. Kemudian aduk hingga rata atau bisa juga dikocok dalam botol. Lalu setelah itu bersihkan dengan menyikat memakai sikat yang halus supaya velg tidak tergores, stelah itu bilas velg dengan air bersih, dijamin langsung silau lagi velg kita.
BAN
Semakin hitam dan akan terlihat tetap bagus, caranya yaitu sikat ban dengan menggunakan shampo motor, tapi jika ingin hasil yang lebih maksimal gosok dengan tyre cleaner ”semir ban”.

REM
Piringan, kaliper, dan tromol paling suka ditempelin kotoran & debu dari kampas rem. Untuk mengusirnya gunakan brake & parts cleaner.

RANTAI
Rantai merupakan bagian yang paling sensitif dan paling suka ditempeli oleh kotoran & debu. Air, kotran & debu, dan karat jadi penyakit rutin rantai dan sproket. Obatnya yaitu harus rajin semprot dengan menggunakan chain lube / chain cleaner tiap satu bulan sekali, atau setiap habis mencuci motor. Membersihkan kotoran & debu di rantai juga perlu dilakukan sebulan sekali, caranya yaitu cuci saja dengan sikat gigi bekas dan minyak gas.

POROS LENGAN AYUN
Pernah dengan suara seperti tikus kejepit dimotor, suara itu bersumber dari poros lengan ayun atau roda kering akibat karat. Cara mengusirnya yaitu semprot saja dengan menggunakan grease spray.

CHROME
Trend modifikasi motor sejak dulu sampai saat ini tidak bisa dipisahkan oleh chrom, baik chrome plastik maupun chrome logam wajib dilakukan perawatan yang rutin, apalgi saat musin hujan tiba. Jika tidak bisa merawat chrome dengan baik & benar, chrome tidak akan bersinar kinclong, bahkan bisa menguning. Cara perawatannya yaitu ada yang menggunakan cream batu hijau atau dapat menggunakan chrome cleaner.


Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

ATURAN MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN MESIN MOTOR

Aturan Menghidupkan :
Motor berelektrik starter jangan langsung ditekan untuk pertama kali start pagi hari, karena kondisi mesin dingin, motor starter akan mendapati putaran berat dari konstruksi mesin.
Lebih baik pada pagi hari kita menggunakan kick starter. Setelah mesin menyala banyak juga yang langsung memutar gas dalam – dalam dengan mengeber - geber mesin, itu sangat dilarang dan sangat tidak dianjurkan. Pada awal putaran sebaiknya jaga putarannya di RPM rendah dan stabil, maksudnya untuk memberi kesempatan pompa oli untuk melumasi seluruh bagian mesin utamanya kepala silinder.

Aturan Mematikan :
Jangan putar gas dalam – dalam dengan menggeber – geber mesin seketika pada saat sebelum mematikan mesin. Saat mesin dipaksa berputar di RPM tinggi, otomatis suhu akan meloncat naik. Bayangkan saja kalau mesinlangsung dimatikan, penurunan suhu secara mendadak dapat dipastikan mengakibatkan perubahan struktur logam dari mesin.

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

[MUHAMMAD RIZAL ”CRIBO RASTA”]

UNDANG - UNDANG LALU LINTAS

Waspada sebelum dirazia, perhatikan UU terbaru yang menggantikan UU tahun 1992, UU Nomor 22 Tahun 2009. Undang-Undang yang sudah ditandatangani Presiden SBY pada tanggal 22 Juni 2009, memuat antara lain:

Tidak Memiliki SIM
Menurut Pasal 281, apabila pengendara kendaraan bermotor tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) bisa dikenakan denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah). Atau di pidana kurungan paling lama 4 bulan. Jadi, selalu bawa SIM Anda setiap kali Anda mengendarai motormu.

Mengemudi Tidak Konsentrasi
Hati hati juga buat biker yang suka menelpon sambil mengendarai motor bisa kena sanksi pasal 283, menurut pasal ini bagi yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Kelengkapan Motor
Bagi pengendara roda dua di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban, mengacu pada Pasal 285 dapat dikenai denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) atau pidana kurungan paling lama 1 bulan.

Rambu dan Markah
Jangan abaikan rambu dan markah jalan, karena di Pasal 287 Pengendara motor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Tidak Bawa STNK
Nah, buat biker yang suka lupa bawa STNK harap waspada, karena menurut Pasal 288, setiap pengendara roda dua di Jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau surat tanda coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Helm Standard Buat Penumpang dan Pengemudi
Selalu pakai helm SNI saat mengendarai sepeda motor, baik pengemudi maupun penumpang motor. Karena menurut Pasal 291, bagi setiap pengemudi dan penumpang Sepeda Motor yang tidak mengenakan helm standar nasional Indonesia (SNI) dipidana dengan pidana kurungan paling lama sebulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Menyalakan Lampu Utama Malam atau Siang Hari
Selalu nyalakan lampu utama motor Anda di Jalan pada siang maupun malam hari. Karena menurut Pasal 293, karena jika Anda tidak menyalakan lampu utama pada motor Anda di malam hari, Anda bisa dikenakan dipidana dengan pidana kurungan paling lama sebulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah). Bila sebelumnya ligh on disiang hari hanya dianjurkan, sekarang diwajibkan. Jika tidak menyalakan lampu utama di siang hari dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Belok Kiri Boleh Langsung?
Kalau dulu biker dapat langsung belok kiri meskipun saat itu lampu lalulintas menunjukkan warna merah. Sekarang tidak dibolehkan! Karena menurut UU No. 22 / 2009 Pasal 112, Pengemudi Kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas. Bagi yang melanggar akan ditilang dan dikenakan denda sebesar 250 ribu rupiah.


UU selengkapnya baca di http://www.djpp.depkumham.go.id/inc/buka.php?czozMToiZD0yMDAwKzkmZj11dTIyLTIwMDlidC5odG0manM9MSI7

www.djpp.depkumham.go.id
Sumber: www.djpp.depkumham.go.id
www.djpp.depkumham.go.id
Sumber: www.djpp.depkumham.go.id

PLUS MINUS FACEBOOK

Facebook merupakan jejaring sosial yang sedang mewabah dalam masyarakat di seluruh dunia ini. Indonesia dalam hal pertumbuhan pengguna Facebook menempati peringkat 1 se-Asia dan menempati peringkat 2 se-Dunia yang bersaing ketat dengan Inggris dalam menempat peringkat 2.

Namun berhati - hatilah dalam menggunakan jejaring sosial Facebook saat ini. Kemajuan internet saat ini berkembang sangat cepat, namun dalam hal ini ada beberapa orang yang tidak bisa menggunakan internet dengan baik, bahkan untuk hal – hal yang kurang baik.

Hal – hal NEGATIF yang harus dihindari dalam penggunaan Facebook yaitu :

1.Menulis status / comment / wall dengan tujuan menghina seseorang / kelompok tertentu.
2.Menulis status / comment / wall dengan kata – kata kotor yang sengat tidak layak.
3.Meng - upload foto – foto / video yang tidak baik / mengandung unsur pornografi.
4.Membuat grup / fanpages yang tujuannya negatif.
5.Dll.

Hal – hal POSITIF yang dapat dilakukan dalam Facebook yaitu :

1.Dapat mempererat tali silaturahmi.
2.Bisa bertemu kembali dengan seseorang yang sudah lama tidak bisa bertemu.
3.Jika yang memiliki bisnis dapat mempromosikan barang / jasa yang dapat ditawarkannya.
4.Meng-upload foto sebanyak mungkin sebagai kenangan dalam hidup kita, tapi dengan catatan foto yang layak dan tidak mengandung unsur pornografi.
5.Dll.

Sebaiknya para Facebookers berhati – hati dalam menggunakan Facebook, karena Facebook memiliki dampak positif maupun dampak negatif, lakukanlah yang positif dan sebaiknya jangan dilakukan yang negatif, karena dapat berdampak tidak baik kepada diri kita sendiri, jangan sampai kita terjerat oleh hukum karena penyalahgunaan penggunaan Facebook, hidup ini terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja dan diisi dengan hal – hal yang dapat membuat hidup kita berantakan.
Gunakanlah Facebook sebagai alat komunikasi dan sarana mempererat tali silaturahmi dan memperbanyak jaringan, bukan untuk mencari musuh / lawan.
Walaupun kita berbeda – beda suku bangsa, budaya dan agama, tapi kita tetap satu bangsa, dibawah bendera Merah Putih, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

IT'S ALL ABOUT ALAY

Apa sich ALAY, ALAY itu adalah anak sok gaul tp ga ngerti apa sich gimana gaul itu, yg ada malah jauh bgt dari kata gaul, tp ancur gila.

Di FACEBOOK juga dah banyak bgt ALAY - ALAY menjamur, yaitu dari cara mereka menulis status / comment / wall, bahkan ada juga yg memakai nama palsu yg ga jelas bgt.

Ciri - ciri ALAY yaitu :

1. Menulis SMS atau menulis sesuatu di FACEBOOK dengan menggunakan huruf gede kecil dan angka.
Contoh : 4kU K4n93n b4nG3T5 d3Ch c4M4 K4mYu, 4kU T4y4n9 b4nG3T5 c4M4 K4mYU.
[Pusing gw baca tulisan gitu, tp banyak bgt yg nulis gitu]

2. Memakai nama yg aneh.
Contoh : Nama aslinya siapa tp nama di facebooknya misalnya ni ya : "PENEBAR VIRUS CINTA atau SI KEMBANG DESA atau AKU MASIH PERAWAN".
[Apa maksudnya tuh pake nama gitu, ga ngerti deh]

3. Fotonya dengan gaya yg aneh, mau gaya tp ya gitu deh.
Contoh : foto muka dari atas / samping, foto dengan menyilangkan jari di pipi, dll.

4. Cara berpakaian, memakai baju distro alias disekitar trotoar abal-abal, memakai celana yg sangat ketat plus dengan bordiran band2 tp dengan jahitan & posisi yg ga pas.
[Style salah total]

5. Gaya rambut, ya gitu deh bisa menilai sendiri kan.

6. Mosing dengan musik yg ga cocok, musik pop melayu tp mosing.
[Aneh bin Ajaib]

Ya itulah ALAY, bagi yg merasa cepatlah kau berubah, jgn jd ALAY, tinggalkan gaya hidup ALAY-mu itu, ok!